Translate

Senin, 05 Agustus 2013

MENGAPA KITA MENGEDIPKAN MATA?


saat menjalankan sebuah mobil dalam keadaan hujan, maka kita memerlu. kan sebuah kipas pembersihkan kaca untuk menjaga agar kaca mobil tetap bersih. Demikian pula dengan mata kita.  Pada mata kita terdapat kipas pembersih mata alami.
Kelopak mata kita, yang bergerak naik turun saat kita berkedip adalah kipas pembersih kaca alami yang yang sudah ada dalam tubuh kita. Kelopak itu terbuat dari lipatan kulit dan dapat digerakkan naik turun Pada melalui otot-otot tertentu. Namun gerakannya adalah sangat cepat, namun gerakan tersebut tidak mengganggu penglihatan kita.
Hal yang sangat menakjubkan mengenai kelopak mata kita adalah bahwa kelopak mata itu bekerja secara otomatis. Kelopak mata kita berkedip secara otomatis setiap enam detik. Hal itu berarti bahwa selama manusia hidup, mata kita berkedip sebanyak 250 juta kali.
Mengapa mengedipkan mata itu penting bagi kita? Bagaimana mengedipkan mata itu melindungi mata kita? Salah satu sebab adalah berkaitan dengan bulu mata. Bulu-bulu mata itu adalah rambut-rambut  pendek, yang lengkung, yang ada pada kelopak mata. Tugasnya adalah untuk menangkap debu, yang mungkin akan masuk ke dalam mata kita. Sewaktu kita terkena hujan atau hembusan pasir  (debu), kelopak itu dengan sendirinya turun dan bulu mata akan menghalang-halangi zat-zat asing yang akan masuk ke dalam mata. Alis kita akan mengalirkan air hujan atau peluh ke suatu sisi, sehingga tetesannya tidak masuk ke dalam mata.
Manfaat yang utama dari mengedipkan mata adalah dengan sendirinya terjadi pelumasan dan pengairan pada mata kita. Sepanjang tepi masing-masing kelopak mata terdapat dua puluh atau tiga puluh kelenjar-kelenjar  lemak. Lobang kelenjar-kelenjar ini ada diantara bulu-bulu mata. Setiap kali kita kedipkan mata kita, kelenjar-kelenjar itu bekerja dan mengalirlah suatu zat. Zat inilah yang melumasi pinggiran dari kelopak mata, dan bulu-bulu mata, dan menjaga agar kelopak dan bulu itu tidak mongering.
Cara mengedipkan mata untuk menyediakan “pengairan” bagi mata adalah sebagai berikut. Di dalam setiap mata kita mempunyai suatu kelenjar air mata, tempat penyimpanan cairan, yang menghasilkan air mata. Setiap kali kita berkedip, kelopak mata memberikan suatu isapan pada lubang kelenjar air mata dan mengeluarkan beberapa tetes air mata. Dengan cara demikian tercegahlah mata itu menjadi kering.

Uut iswahyudi
Dari apa dan mengapa

1 komentar:

  1. mantap artikelnya
    mampir juga ya ke https://duniakanz.blogspot.com

    BalasHapus